Jual dan Beli emas

Mau Menjual Perhiasan Emas? Begini Cara Mendapatkan Harga Terbaik!

Saat Anda membutuhkan uang untuk kebutuhan mendadak, Anda akan mencari segala cara untuk mendapatkannya. Hal yang bisa Anda lakukan adalah menjual barang berharga yang dimiliki. Salah satu dari barang berharga tersebut adalah perhiasan emas yang Anda miliki. Tetapi untuk menjual perhiasan emas, Anda harus cermat agar mendapatkan harga yang terbaik. Sebaiknya Anda menjualnya ke pembeli emas atau menjualnya ke toko gadai? Berikut ini cara mendapatkan harga terbaik untuk perhiasan Anda.

Jangan Memasang Ekspektasi Terlalu Tinggi

Sebelum Anda terlalu bersemangat untuk mendapatkan uang tunai, sangat penting untuk mendasarkan harapan Anda pada kenyataan. Anda mungkin memiliki kalung warisan milik nenek buyut Anda yang eksentrik, tapi pada orang yang akan membelinya, itu hanya kalung biasa. Sangat jarang orang menjual barang bekas dengan harga jual yang mendekati harga belinya.

Jumlah sebenarnya yang akan Anda dapatkan untuk perhiasan Anda tergantung pada banyak variabel yang berbeda. Beberapa faktor termasuk keindahan, kelangkaan, di mana perhiasan dibeli awalnya, dan bahan-bahan pembuatnya. Kami sarankan jangan pernah mencoba menjual perhiasan yang benar-benar Anda suka, kecuali Anda sedang benar-benar membutuhkan uang. Jika Anda menjualnya saat tidak benar-benar butuh, mungkin tidak ada keuntungan yang bisa didapat. Kebanyakan orang yang bersedia membeli perhiasan bekas Anda juga tentu saja ingin mendapatkan untung sendiri, jadi ingatlah hal itu.

 

Persiapkan Perhiasan untuk Dijual

Pastikan Anda memiliki dokumen lengkap yang menyertai perhiasan Anda saat pertama membelinya. Toko perhiasan terpercaya biasanya akan memberikan sertifikat yang menyatakan kadar karat emas dan berapa gram beratnya. Dengan menyertakan surat-surat atau sertifikat ini, biasanya pembeli akan menghargai perhiasan Anda dengan lebih. Karena itu, jika Anda sering lalai menyimpannya, mulailah berhati-hati dan simpan sertifikat perhiasan dengan baik.

 

Selain surat-surat, penampilan luar perhiasan juga dapat mempengaruhi harganya. Kadang-kadang perhiasan bekas perlu sedikit dibersihkan untuk membuatnya berkilau kembali. Kami menyarankan Anda menggunakan sedikit air hangat dan sabun cuci piring untuk mengembalikan kilau perhiasan. Gunakan sikat gigi berbulu lembut untuk membersihkan perhiasan emas (sikat gigi yang keras dapat menggores emas), lalu biarkan mengering. Jika perhiasan itu harus lebih banyak dibersihkan, Anda juga bisa membuat pembersih perhiasan buatan sendiri dari garam, baking soda, dan sabun cuci piring.

Mana Tempat Terbaik untuk Menjual Perhiasan Emas?

Setelah Anda menyiapkan ekspektasi Anda dan juga perhiasan emas itu sendiri, saatnya Anda mempertimbangkan kemanakah Anda ingin menjual perhiasan tersebut. Berikut ini adalah beberapa pilihan tempat di mana Anda dapat menjual perhiasan Anda.

1. Kolektor Emas

 

Jika Anda memiliki perhiasan edisi khusus atau memiliki nilai sejarah/artistik tersendiri, Anda bisa menjualnya ke kolektor perhiasan. Mereka akan menilai perhiasan Anda tidak hanya dari kadar emas atau berat yang dimilikinya saja. Biasanya mereka juga akan menilai dari desain, edisi, desainer, dan usia perhiasan tersebut. Jika perhiasan Anda memang spesial, mereka bisa saja menawarkan harga yang tinggi kepada Anda.

2. Menjual Online

 

Di zaman digital ini, Anda bisa melakukan banyak hal termasuk menjual perhiasan online. Tetapi Anda harus berhati-hati karena marak penipuan yang dilakukan. Jika Anda ingin menjualnya, pastikan toko online tersebut terpercaya. Anda juga bisa memilih sistem cash on delivery agar Anda bisa memastikan perhiasan dan uang Anda aman. Dengan menjual online, Anda juga dapat lebih mudah membuat survei harga dan membandingkan mana yang dapat memberi harga terbaik.

3. Menjual ke Tempat Anda Membeli

 

Ini adalah cara yang mudah karena biasanya mereka akan membeli dengan harga yang lebih tinggi dari toko lain. Namun tentu saja Anda harus mempunyai bukti bahwa Anda membeli perhiasan tersebut di toko ini. Seperti yang telah disebutkan di atas, simpanlah surat-surat dan sertifikat perhiasan yang disertakan saat Anda membelinya.

4. Menjual ke Pegadaian

Jika Anda sudah tidak tahu mau ke mana lagi menjual perhiasan Anda, Pegadaian bisa menjadi alternatif yang baik. Anda tidak perlu khawatir harga perhiasan Anda dipermainkan karena badan negara ini sudah memiliki standar yang tetap dalam menentukan harga emas. Selain itu, Anda bisa saja hanya menggadaikan perhiasan Anda dan tidak menjualnya. Anda tidak perlu takut kehilangan perhiasan yang memiliki arti lebih untuk Anda.

Dengan tips di atas ini, Anda tidak perlu bingung lagi bagaimana menjual perhiasan emas Anda dan mendapatkan harga yang sesuai. Sudah menentukan ke mana Anda akan menjualnya?